Posted by : Ridwan Sobirin Monday, January 13, 2014




Assalmu'alaikum!
Halo semuanya, apa kabar? 
Kali ini saya akan menulis post ini spesial dalam Bahasa Indonesia. Tujuan dari penulisan ini adalah saya ingin mengajak kalian dan para pemuda-pemudi terbaik bangsa untuk  mempertimbangkan bergabung dengan Bank Indonesia (BI) dan bersama-sama berbagi ide-ide cemerlangnya untuk pembangunan ekonomi Indonesia. Terdengar klise ya, namun itulah yang saya harapkan dari penulisan post ini.

Di tulisan ini saya hendak berbagi pengalaman saya dalam mengikuti tes PCPM BI Angkatan 31 dari awal hingga diterimanya saya di PCPM angkatan ini. PCPM sendiri merupakan program rekrutmen khusus dari Bank Indonesia guna mencari the next BI's future leaders. Ketika sudah diangkat, para PCPM ini akan langsung menjabat sebagai Asisten Manajer. Wow! Anyway, saya Ridwan Sobirin, alumni dari Ilmu Ekonomi Unpad angkatan 2009.

Ya, bekerja di BI menurut saya bukan hanya sebuah pilihan karir biasa. Lebih dari itu, berkarir di BI adalah sebuah kehormatan besar bagi saya untuk bisa berkontribusi bagi negeri sendiri, khususnya di sektor ekonomi, sektor yang sangat penting perannya di negeri ini.

Sebelum membahas ke arah sana, saya akan menuliskan alasan mengapa kamu (Para pemuda-pemudi terbaik bangsa) harus mempertimbangkan untuk memilih BI sebagai pilihan karirmu ke depannya. Berikut ulasannya menurut pandangan saya pribadi:
  1. Lingkungan Bank Indonesia yang sangat baik:  Ketika kita berbicara tentang karir di sektor pemerintahan atau pun kementrian/pemda mungkin ada di antara kita yang memiliki pikiran yang agak pesimis dengan kondisi lingkungan kerjanya. Namun hal tersebut tidak berlaku di BI. Saya rasa lingkungan kerja di Bank Indonesia sangat disiplin, jujur, bersih, profesional, lebih modern, dan baik bagi perkembangan karir kita ke depannya. BI juga sudah dikenal dengan reputasi baiknya sebagai lembaga negara yang bersih dan memiliki kredibilitas yang sangat baik. Kamu akan merasakan aura bekerja yang berbeda, nyaman, aman, dan menyenangkan. Kami yang bekerja di sini selalu membawa rasa bangga dan optimisme. Kamu bisa melihat dan merasakannya saat nanti kamu bergabung dengan BI. Itu yang saya rasakan. Secara bahasa, kata 'lingkungan' di sini juga tidak kalah baiknya. Lingkungan perkantoran BI sangat aman, asri, dan artistik. Di Jakarta sendiri kamu bisa melihat bahwa kantor BI adalah kompleks perkantoran yang paling luas diantara gedung-gedung lainnya. Saya kadang selalu merasa capek sendiri kalau berpindah-pindah dari satu gedung ke gedung lainnya. Haha. Saking luasnya. BI di daerah juga sama, biasanya gedung kami sangat indah, historik, dan artistik.
  2. Orang-orang BI  sangat humble dan senang berbagi pengalaman dan ilmu: Adalah tidak aneh jika di BI nanti kamu akan menemukan banyak orang yang sudah mengenyam pendidikan S2 dan S3-nya di berbagai universitas top dunia (Harvard, Stanford, LSE, Cambridge, Oxford, Columbia, etc.). Uniknya, mereka sangat humble dan tidak segan untuk berbagi dan motivasi dengan junior-juniornya, termasuk kita. Kita seperti keluarga. Antar-angkatan PCPM layaknya seperti kakak beradik. Sewaktu saya masih training, para senior PCPM sebelumnya selalu bilang kepada kami bahwa kami seperti adik-adik baru bagi mereka. Mereka adalah para mentor yang luar biasa. Saya sangat terisnpirasi dengan cerita dan kebaikan-kebaikan  mereka.
  3. Kesempatan untuk kuliah lagi : Sebutkan nama universitasnya, Harvard, MIT, Stanford, Upenn, Princeton, Berkeley, Oxford, Cambridge, LSE, Columbia, dsb. Ya, asalkan kamu sudah mendapatkan Letter of Acceptance dari universitas-universitas sekaliber yang saya sebutkan di atas, BI akan membiayai sepenuhnya. Kamu tidak akan mengalami kekurangan jika disekolahkan oleh BI. Belum lagi fasilitas lain yang tetap kamu dapatkan selagi kamu kuliah. Inilah yang sangat saya suka, BI sangat perduli terhadap perkembangan sumber daya manusianya. Selain itu, BI juga sering mengirimkan pegawainya untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan internasional yang diikuti oleh BI. Banyak sekali kegiatan internasional yang diikuti oleh BI dan itu menjadi peluang bagi kita untuk mengembangkan diri dan tumbuh.
  4. Karir: Beberapa program baru dan inovatif dilakukan oleh BI agar jalur karir di BI semakin berkembang, jelas, bersih, dan objektif seperti sebelum-sebelumnya. BI menyediakan jalur karir yang sudah jelas dan terstruktur. Untuk masalah karir di BI ini, tentu perjalanannya  ada di kitanya sendiri: "Apakah mau terus maju atau hanya cukup dengan posisi sekarang". Untuk perkembangan karir, tentu sepenuhnya ada dalam usaha dan doa terbaik kita.
  5. Insentif: Mungkin ini adalah salah satu faktor esensial juga bagi kalian  untuk mau mempertimbangkan bergabung di BI. Ya, insentif. Untuk topik ini, saya hanya akan mengatakan seperti ini: Saya sebagai seorang fresh graduate pun merasa cukup kaget dengan betapa besarnya insentif dan fasilitas yang saya dapatkan saat menjadi pegawai BI. Sebagai informasi, ada banyak sekali alumni dari berbagai perusahaan top dunia, seperti Oil and Gas, Consulting firms, Banking, FMCG, serta berbagai alumni dari top BUMN yang memutuskan untuk pindah ke BI. Semoga bisa memberi gambaran tentang hal insentif ini. Saya rasa topik ini bisa dijadikan sebagai penyemangat bagi kita untuk dapat berkontribusi di BI dan Indonesia ke depannya. 
  6. Security:  Well, ini adalah pendapat pribadi saya. Saya kira adalah sangat beruntung bagi mereka yang memiliki suami/istri atau pasangan  orang BI. Memang kamu mungkin tidak akan sekaya CEO perusahaan-perusahaan besar tapi hidupmu dan keluargamu akan lebih dari cukup. Kamu tidak perlu lagi khawatir tentang kondisi perekonomian, kesehatan, dan pendidikan keluargamu. Poin ini juga merupakan keunikan lain yang paling membedakan antara BI dengan perusahaan swasta dan institusi lainnya. Di poin ini BI memang sangat unggul. Saya rasa hal-hal semacam ini memang penting karena dapat membuat kita sebagai para pegawainya dapat bekerja secara lebih nyaman dan fokus, tanpa harus mencemaskan kondisi perekonomian, kesehatan, ataupun pendidikan keluarga. Hal ini juga menyebabkan kita selalu bekerja dengan hati yang tenang, damai, dan selalu bersemangat setiap harinya. 

Untuk selanjutnya, berikut merupakan tahapan yang harus kalian lalui di dalam proses seleksi BI (Rangkuman garis besarnya) : 

1. Administrasi
Di sini seleksi sudah mulai dilaksanakan. Terdapat lebih dari 53.000 pelamar dari seluruh Indonesia yang melamar untuk masuk BI pada periode saya ini, sementara yang akan diambil hanyalah sebanyak 215 saja atau peluangnya sekitar 1 berbanding 247 orang (sekitar 0,4% yang diterima). Tes ini juga merupakan tes pertama dari 10 jenis tes (secara detail: Administrasi, TPA, Psikotest, FGD, Interview Psikologi, Tes Pengetahuan Umum, English, Kesehatan, Psikometrik, dan Wawancara Akhir) yang memakan waktu selama 6 bulan. Di sini, kamu tidak hanya bersaing dengan berbagai lulusan universitas top di Indonesia seperti UI, ITB, UNPAD, UGM, IPB, UNAIR, dsb. tetapi juga dari berbagai lulusan luar negeri seperti dari Eropa, Amerika, Australia, dan Asia. Di PCPM angkatan saya, ada beberapa yang merupakan lulusan dari keempat benua tersebut. Di tahap ini, beruntunglah bagi mereka yang memiliki IPK dan jejak pengalaman organisasi yang bagus. Ya, di proses ini saya kira apa yang sudah kita lakukan sewaktu kuliah sangatlah esensial. Memang sudah selayaknya kita ketika waktu kuliah pandai-pandai menyeimbangkan performa akademik dan nonakademik. Jangan pernah sepelekan akademik, bagaimanapun poin itulah yang pertama kali menjadi poin penilaian. Jangan pula menganggap enteng bergagai pengalaman nonakademik karena itu adalah poin yang bisa membedakan kita dengan kandidat yang lain. Saya ucapkan selamat pada kalian yang mempunyai pengalaman nonakademik dan akademik yang bagus. Paling tidak, kalian sudah satu langkah lebih awal dibandingkan dengan mereka yang hanya unggul di salah satu poin saja. Seriously, selamat!

2. Bahasa Inggris
Sangat beruntung bagi mereka yang paling tidak sudah dapat menguasai bahasa inggris, meskipun itu yang dasar-dasarnya saja. Hal itu akan sangat berguna tatkala mereka sudah lulus nanti. Banyak diantara para peserta yang latar belakang akademiknya bagus tetapi gagal karena tidak lolos di dalam tes bahasa inggris ini. Sungguh sayang kan ya? Maka dari itu, dari sekarang buang itu rasa malu dan gengsi untuk latihan dan meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya. Carilah rekan atau komunitas yang dapat membantumu akan hal ini. Di FEB Unpad sendiri, kita punya EFECT (English for Economist) yang bisa menjadi tempat yang seru dan asyik untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya. Belum terlambat bagi kita untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa inggris dari sekarang.

3. Kesehatan
Inilah salah satu proses seleksi yang paling menegangkan selain tes wawancara. Ya, tes kesehatan. Sebagai informasi, Bank Indonesia sangat selektif di dalam mencari kandidat pegawainya. Tes kesehatannya begitu komplit. Pastikan tubuhmu sehat. Berat badan ideal dijaga. Kolesterol dan kadar gula dijaga. Biasakan dari sekarang pola hidup sehat. 

4. Wawancara Akhir dengan BI
Selain tes olah raga, tahapan ini juga merupakan tahapan yang sangat penting namun begitu perlu persiapan yang baik untuk menghadapinya. Kamu akan diwawancarai oleh para pejabat dari BI. Wah, sebuah kehormatan besar bukan? Persiapkan diri, wawasan, kompentensi dasar jurusanmu, hingga berita-berita ekonomi terbaru. Kamu di sini harus jadi diri sendiri. Beruntung jika kamu memiliki prestasi serta pengalaman organisasi yang bagus sewaktu kuliah atau ketika bekerja di perusahaan sebelumnya.

Sebagai kesimpulan,
No Pain No Gain, maka jika kamu ingin mendapatkan sesuatu berusahalah sekeras mungkin, seefektif mungkin, tanpa harus mengenyampingkan faktor nonteknis seperti doa, sholat, sedekah, dan sebagainya. Dalam Islam, begitulah kita diajarkan. Seimbangkan antara doa dan ikhtiar. Percayalah, setelah kamu berhasil meraih cita-cita itu, rasa lelah dan kerja kerasmu tidak akan pernah terasa karena saking banyaknya kebahagiaan yang kamu rasakan. Berlelah-lelahlah terlebih dahulu. Di dalam ekonomi, kita selalu mengenal istilah there's no such thing as free lunch. Artikan istilah sebagai pernyataan bahwa jika kita mau meraih sesuatu, berarti kita juga harus mau mengorbankan waktu, tenaga, pemikiran, materi, serta hal-hal yang kita senangi untuk bisa meraihnya. Mari mulai dari sekarang. Jangan bermalas-malasan atau menunda-nunda. Ataukah kamu memang mau memilih untuk menyesal di hari kemudian?  Your life is your choice.

Have a productive day, everyone! 

PS: Berikut merupakan link tentang 3 (tiga) cerita pengalaman lain saya terkait PCPM 31 BI. Klik di SINI. Salah satu berita bahagia untuk menyemangatimu masuk BI, bisa diklik:  Link 1.

{ 115 komentar... read them below or Comment }

  1. bang, apakah ada di angkatan anda yang jurusannya di masa kuliah di luar dari jurusan ekonomi(manajemen, akuntansi,ekonomi pembangunan) ??? dan jurusan apa saja yang diketahui dari teman2 disana ???

    ReplyDelete
  2. Hi Ifir! Sebagian besar dari kami berasal dari Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Teknik Industri. Sisanya beberapa ada yang berasal dari Hukum, Matematika, Statistika, dan Agribisnis. Good luck!

    ReplyDelete
  3. Bang Ridwan, saya ingin bertanya mengenai tes administrasinya itu, apakah pengalaman organisasi itu menjadi faktor yang sangat menentukan? Saya tidak terlalu aktif berorganisasi bang, btw, your blog is really awesome Brother, I've seen your experience when you had activity in PCPM, it seems wonderful that you have many friends from different backgrounds, taking as many photos as activities you've done, i see much happiness there..I'm so excited to continue my journey there, especially after hearing that continuation of our career is very worth, :D but that's a problem, my question above, how far does organization experience affect the test? a lot of thanks...:D

    ReplyDelete
  4. Hi Lumban! Thanks for visiting my blog! Your nonacademic achievement/experience will distinguish you from other candidates, particularly in the psychological and final interview. But don't worry, just bring your very best to the arena! Start from now on before the next PCPM recruitment comes, try to do some extracurricular activities outside your comfort zone. Live up your confidence and just bring the best of yourself! Good luck!

    ReplyDelete
  5. apakah jalur PCPM di buka lagi tahun 2015 bang ridwan? makasih banget infonyaa.. :D

    ReplyDelete
  6. mas bagaimana dengan asisten kasir??apakah cukup sejahtera?

    ReplyDelete
  7. dear bang ridwan, salam kenal dari tica :) mau nanya nih, buat asisten kasir kira2 sesulit u/ masuk pcpm? apakah perempuan bisa? soalnya saya pernah baca pengumuman perekrutan terbuka hanha u/ pria . trims sebelumnya bg:)

    ReplyDelete
  8. Hi Sarwindah, Anonymous, dan Tica!

    1. Rencananay ada, PCPM angkatan 32. Tapi belum tahu tanggal mainnya. Stay tuned di web BI, milis kampus, twitter BI, atau media sosial lainnya.

    2. Anonymous. Konteks sejahtera atau tidaknya itu subjektif. Tergantung dari parameternya kamu mengukur dari mana. Namun sepertinya kasir-kasir di BI pada happy terus, Anonymous. Hehe.

    3. Perempuan tidak bisa. PCPM lebih menyeluruh dan komples kalau saya lihat. Namun tes kasir pun tak kalah beratnya. Persiapkan yang terbaik saja ya.

    Maaf saya baru update lagi nih. Lama gak nge-blog lagi.

    ReplyDelete
  9. Salam kenal Bang Ridwan Sobirin :D amazing bgt bs keterima di BI, pasti persiapannya bener2 super yaa Bang hehehe.. Tulisan Abang inspiratif dan jelas banget, bener2 memotivasi deh :D

    Btw, saya mau nanya nih :
    1. masalah TOEFL, memang ga semua sertifikat lembaga Bhs Inggris diterima BI yaa Bang?
    2. Bedanya PCPM BI sama MLE itu apa Bang? saya ga terlalu paham :D
    3. saya lulusan manajemen, di kampus saya ga ada penjurusan khusus sih, jadi skripsinya boleh milih tema sendiri. saya ambil pemasaran. pas saya liat syarat2 PCPM BI 2013, syarat program studinya untuk manajemen hanya keuangan dan SDM. berarti bakal ga bs yaa Bang? T___T

    tolong dijelasin dengan detail yaa Bang, makasih :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Irma! Maaf saya baru buka blog-nya lagi.

      1. Yap, harus yang sudah official. Harus yang sudah diakui tempat tes TOEFL-nya.

      2. Kalau MLE itu untuk yang sudah berpengalaman, biasanya at least 3 tahun pengalaman kerja di bidang tertentu yang spesifik, misal utk IT, Logistic, Auditor, hingga Economics juga.

      3. Manajemen tentu bisa. Di angkatan saya banyak juga yang dari Management. Semua jurusan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis are welcome.

      Delete
  10. Assalamu'alaikum wr wb
    Salam Kenal bangRidwan Sobirin, Kenalin nama saya Zai, Muhammad Zainuddin.
    saya baru aja selesai sidang Komprehensif bulan januari tadi, sekarang saya sedang Magang di Kantor Perwakilan Bank Indonesia wilayah VII Palembang.
    ternyata disini aja juga ya bang PKWT (Pekerja Kontrak Waktu tertentu)
    ada banyak hal yang ingin saya tanyakan bang.

    1. bagaiamana sebenarnya status dari PKWT ini, krn zai dengar dari org sini itu Kontrak 2 tahun. terus bisa lanjut lagi, #Tergantung
    2. apakah jika udah jd PKWT beberapa tahun (sebut saja 6 Tahun) bisa diangkat jadi pegawai tetap?
    3. untuk jadi PKWT itu apakah recruitment nya di publish, atau secara personal aja
    4. sistem recruitment PKWT itu berapa tahapan,
    5. apa benar, mahasiswa yang magang bisa berkesempatan diangkat jadi pegawai BI (minimal PKWT)

    mau nanya sama yang disini, ngga enak bang karena zai hanya magang 1 Bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Zai! Thanks for stopping by.

      1. Betul, PKWT sistemnya kontrak. Dapat diperpanjang/tidak.

      2.Bisa, asal ikut lagi tes pada saat ada pembukaan lowongan di BI.

      3.Tentu di-publish. Stay tuned di website, twitter, dan Facebook BI ya, Zai.

      4. Setahu saya hampir sama dengan rekrutmen pegawai, namun tentu dengan tingkat kesulitan dan jangka waktu yang berbeda.

      5. Kesempatan untuk jadi pegawai BI terbuka untuk semua, tidak hanya untuk yang magang di kita saja. Tentu kompetensi dan kecocokan yang kita prioritaskan. Adapun pengalaman magang bisa menjadi poin plus kamu nanti karena kamu sudah sedikit banyak tahu bagaimana lingkungan BI dan bisa explore banyak hal saat wawancara.

      Delete
  11. Asslm....salam kenal bang Ridwan sungguh sangat inspiratif tulisan-tulisan dalam blog ini.saya mau nanya nih bang saya kebetulan lulusan kesejahteraan sosial apa bisa ikut rekrutmen di BI? Sebelumnya ada tmn saya jg lulusan kesejahteraan sosial dia ke terima kerja di BI udah kerja krg lbh 6 Bln tp sebelumnya dia udh punya pengalaman kerja di bank swasta selama 3 tahun.sy kurang paham dia di bagian apa,cuma kerjaan.y keliling Asia Australia mulu,sebulan bisa 4-6 kali keliling Asia.sy jadi makin termotivasi utk berusaha mengejar mimpi kerja di BI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam.

      1. Bisa, asalkan saat open recruitment tersebut BI memang sedang membutuhkan orang dari jurusan tersebut (Tertera di pengumuman)

      2. Mungkin dia masuk via jalur MLE (Khusus untuk Expert yang sudah berkerja di bidang tertentu).

      3. Jalan-jalan? Yap! Betul banget! Teman-teman saya yang di kantor pusat juga sering dinas ke luar negeri. Sementara yang di daerah biasanya sering dinas keliling nusantara.

      Good luck! Saya doakan semoga bisa bergabung di BI. Bismillah ya.

      Delete
  12. Sore Pak Ridwan,
    Terimakasih Pak uda berbagi kesan - kesan selama di BI. Pak saya mau bertanya, jika seandainya sekarang sudah berstatus karyawan magang di Bank Indonesia, untuk menjadi pegawai tetap itu bagaimana ya ? apakah harus mengikuti jalur tes seperti yang Bapak gambarkan atau bagaimana kira - kira.
    Terimakasih ya Pak atas bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo!

      Iya betul. Tentu harus ikut tes dari awal sama dengan yang lainnya. Adil. Sama rata.

      Good luck!

      Delete
  13. Selamay malam bang ridwan! Sangat inspiratif tulisannya khususnya bagi kami2 yg sangat antusias utk mengabdi kpd negara. Pertanyaan saya adalah apakah jurusan hubungan internasional bisa menjadi PCPM BI?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada sepertinya di Dept. International (DInt)

      Delete
    2. Tergantung nanti apakah di open recruitment nanti BI sedang membutuhkan sumber daya dari HI atau tidak. Biasanya tertera kriteria jurusan di setiap pengumumannya.

      Good luck!

      Delete
  14. Salam bang ridwan tulisannya sangat inspiratif dan memotivasi kami..., saya sempat ikut PCPM 31 wilayah surabaya, alangkah kagetnya peminatnya sangat banyak, tesnya juga panjang tapi mungkin belum jodoh dengan BI saya jatuh di tes TOEFL, Tahun ini apa ada rencana perekrutan PCPM 32?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Wajir!

      Tidak apa-apa. Rezeki tidak akan ke mana. Dan belum tentu BI yang terbaik untuk Wajir. Tetap semangat!

      Untuk PCPM 32 rencananya akan ada. Namun saya belum tahun kapan dibukanya. Tetap persiapkan yang terbaik sambil menunggu pembukaan PCPM 31 ya jika masih berminat.

      Really wish you best of luck!

      Delete
  15. hallo ka Ridwan
    sangat menginspirasi ceritanya
    ka, ada contoh soal-soal test nya ga ?

    saya Ode, Matematika IPB
    sedang PKL di DSSR ^.^
    semoga ga hanya PKL, tapi bisa berkarir di BI juga, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello there, Ode!
      Waah di DSta ya? Selamat!
      Untuk contoh-contoh soal khusus tes BI sepertinya saat dulu tidak ada. Tidak tahu ya kalau sekarang, mungkin ada di toko-toko buku. However, saya belum pernah menemukannya.

      Good luck! Kami tunggu jadi keluarga besar BI ya. Amiin.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Aamiin

      Ka, mau tanya tentang PKWT
      PKWT itu kontraknya 1 tahun
      Misalnya saat kita jadi pegawai BI PKWT trus ada oprec PCPM, boleh ga kita ikutan daftar PCPM nya ?
      Tapi PKWT nya belum habis kontrak (misalnya)

      PCPM itu bukanya sekitar bulan apa sih ka ?

      Delete
    4. Hi Ode!
      PCPM sudah buka. Semoga berhasil. Maaf baru balas. Sedang musim laporan.

      Delete
  16. Replies
    1. Yang saya tahu dua-duanya bisa ya Cornelia. Above 500 would be great! Good luck!

      Delete
  17. Assalamualaikum,, salam kenal kak
    Saya febri mahasiswi semester 5 jurusan ekonomi.
    Saya sangat terinspirasi sekali sama cerita dalam membangun semangat.
    Kemampuan bahasa inggris saya memang kurang.
    Tapi saya akan terus belajar sampai saya bisa kak. Terima Kasih kak buat semangat nya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Febri! Waah kita satu jurusan ya kalau gitu. Saya juga Englishnya masih belajar. tapi that's the point, jangan pernah berhenti belajar, termasuk belajar English. belum terlambat. Kalau kamu mau mencapai sesuatu, tentu kamu tidak akan menyerah dan akan terus berusaha.

      Keep on learning, Febri! It will worth the experience!

      Delete
  18. Dear ka ridwan,
    Mau tanya juga kalo toefel nya jenis nya apa ibt atau itp? Untuk jurusan komunikasi bisa ga yah? Soalnya diliat di blog kebanyakan ekonomi. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paper-based juga bisa, asal berasal dari institusi yang sudah diakui. Betul, memang kebanyakan dari Fakultas Ekonomi namun tidak menutup kemungkinan dari komunikasi selama BI membuka untuk jurusan tersebut (Biasanya tercantum di persyaratan saat mau apply).

      Good luck, Pebi!

      Delete
  19. Kak ridwan,
    Klo untuk PKWT statusnya gmn ya?
    Apakah ada kemungkinan untuk jd pegawai tetap,
    Mohon pencerahannya. Thqu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ira!

      Statusnya kontrak. Bisa jadi pegawai asal ikut tes lagi dari awal saat lowongan dibuka dan lolos semua tes tersebut.

      Sukses ya, Ira!

      Delete
  20. bang , saya kan kuliah ambil sistem komputer dan punya prestasi nasional di bidang bulutangkis , bisa ga masuk tes seleksi pegawai bank bi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello James!

      Pertama, ini bukan "Bank BI" tapi "BI".

      Kedua, bisa asal saat lowongan dibuka jurusan sistem komputer terdaftar sebagai jurusan yang diperbolehkan. Kadang dari jurusan berbau IT biasanya dari jalur MLE.

      Terima kasih.

      Delete
  21. Terimakasih atas infonya , sangat bermanfaat sekali

    sekalian ijin promosi ya :)
    Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://alatantrianberkualitas.blogspot.com/
    atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete
  22. assalamualaikum, ka ridwan sobirin, saya nura dari bandung. ka bisa bantu saya buat masuk BI di bulan juni tahun 2017 karena saya memiliki keseriusan untuk dapat kerja di BI. hanya saja saya perlu dibimbing untuk melewati tahapan-tahapan seleksi. gimana ka bisa bantu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Komentar kamu membuat saya tertawa.
      Melihat waktu dan tanggung jawab saya miliki sekarang. Jawabannya terus terang tidak bisa. Usaha kamulah yang bisa membawamu meraih impian, termasuk jika itu ingin masuk ke BI.

      Dan doa-doa juga.

      Semoga selalu berhasil ya, Nura! Jangan malas dan terlalu bergantung dengan orang lain. Tentu kamu bisa!

      Delete
  23. assalamualaikum, ka ridwan sobirin, saya nura dari bandung. ka bisa bantu saya buat masuk BI di bulan juni tahun 2017 karena saya memiliki keseriusan untuk dapat kerja di BI. hanya saja saya perlu dibimbing untuk melewati tahapan-tahapan seleksi. gimana ka bisa bantu?

    ReplyDelete
  24. Bos, kalau untuk daftar data entry operator. Tesnya apa saja ya?

    ReplyDelete
  25. Bos, kalau untuk daftar data entry operator. Tesnya apa saja ya?

    ReplyDelete
  26. Selamat sore kak ridwan,
    saya arjava , mau nanya apakah lulusan universitas tertentu menentukan bisa atau tidaknya lulus pcpm? Atau lulusan dari univ mana saja berpeluang sama besar? . Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa tergantung kitanya apakah kita sesuai dengan posisi job yang ada. Apakah kita sudah bekerja keras untuk mencapainya. Jangan takut! Show your confidence and capability at the arena! Go get your dream! good luck, Samartha!

      Delete
  27. Selamat siang pak ridwan, sy tertarik skli kerja di BI apalagi baca pengalaman pak ridwan, saya mau tanya,, apakah jurusan Manajemen Kepariwisataan juga ada peluang bisa masuk BI atau tidak ??

    ReplyDelete
    Replies


    1. Hi Lem!
      Itu manajemennya di Fakultas Ekonomi? Maksudnya peminatan pariwisata? Saya rasa kalau masih di FE kamu masih bisa terlepas dari beragamnya peminatan di dalamnya. Namun demikian, kamu perlu cek langsung ke panitianya. Mereka yang lebih tahu secara pasti. Good luck, Lem! All the best!

      Delete
  28. salam hormat mas, kalau dari pkwt kan katanya bisa diangkat jadi pegawai tetap.nah untuk pengangkatan jadi pegawai tetapnya itu tiap berapa tahun sekali ya mas?

    ReplyDelete
    Replies


    1. Hi mas Sholique!
      Iya bisa. saya kurang tahu tentang periodenya.
      Kapanpun itu, saya doakan semoga mas Sholique dimudahkan dalam segalanya, termasuk mungkin saat pembukaan pegawai nanti. Semangat, mas!

      Delete
  29. salam hormat mas, kalau dari pkwt kan katanya bisa diangkat jadi pegawai tetap.nah untuk pengangkatan jadi pegawai tetapnya itu tiap berapa tahun sekali ya mas?

    ReplyDelete
    Replies



    1. Hi mas Sholique!
      Iya bisa. saya kurang tahu tentang periodenya.
      Kapanpun itu, saya doakan semoga mas Sholique dimudahkan dalam segalanya, termasuk mungkin saat pembukaan pegawai nanti. Semangat, mas!

      Delete
  30. Hallo mas Ridwan, sharing nya sangat bermanfaat :) Saat ini saya lagi menunggu hasil dr Tes "staf BI" mas, jika saya diterima nanti dan udah menjadi staf apakah boleh saya ikut PCPM lagi? Karena saya sangat menyukai bidang ekonomi makro dan ingin mengabdi pada negeri. Tks

    ReplyDelete
    Replies



    1. Hi Inspira!
      Untuk masalah ini bukan kapasitas saya sampaikan di sini. Silahkan disampaikan pertanyaannya ke pihak-pihak terkait. Terima kasih. Semoga sehat dan dimudahkan dalam segala pemaksudan baiknya.

      Delete
  31. Slmat malam mas sobirin, saya mau tanya untuk lowongan pelaksana junior, infonya dapat dari mna ya. Mohon arahannya ya mas, thnk you.

    ReplyDelete
    Replies



    1. Hi Patar!
      Silahkan stay tuned di website BI, follow Twitter BI dan like Fan Page-nya BI di FB. Teman-teman komunikasi BI biasanya aktif memberikan informasi di sana.

      Delete
  32. Slmat malam mas sobirin, saya mau tanya untuk lowongan pelaksana junior, infonya dapat dari mna ya. Mohon arahannya ya mas, thnk you.

    ReplyDelete
    Replies


    1. Hi Patar!
      Silahkan stay tuned di website BI, follow Twitter BI dan like Fan Page-nya BI di FB. Teman-teman komunikasi BI biasanya aktif memberikan informasi di sana.

      Delete
  33. selamat siang mas, saya mau tny kira2 pcpm untuk tahun 2016 dibuka lg ga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dibuka, anonymous! Good luck, anonymous! :)

      Delete
  34. selamat siang mas ridwan,
    sya Uma mahasiswa Ekonomi, sya mau tanya
    1. bedanya jalur PCPM sma Yunior (staf) apa?
    2. masa pendidikan PCPM itu dilaksanakan ketika kita sudah dinyatakan lolos jadi pegawi BI or pendidikan tsb merupakan tahapan untuk menjadi pegawai tetap BI? terus pelaksanaan pendidikannya brp lama mas?
    terimakasih mas.
    btw saat ini saya lg PKL di BI mas sampai 2 september 2016, bagian BINS divisi Academic Leadership and General Manager. berharap bisa ketemu mas dekat2 ini mau tanya2 soal rekrutmen BI, hehhe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak ridwan apakah lulusan perguruan tinggi swasta bisa dagtar di bi??

      Delete
    2. Kak ridwan apakah lulusan perguruan tinggi swasta bisa dagtar di bi??

      Delete


    3. Hi Adi!
      1. PCPM semacam program "The Next Leaders"-nya BI. Saya sangat meng-encourage kamu untuk ikut PCPM kalau mau berkarir di BI.

      2. Pendidikan dilaksanakan sebelum pengangkatan. Jadi kalau kamu nanti ingin jadi pegawai Bi harus lulus juga dalam pendidikannya. Lamanya dulu pas saya sekitar 9 bulan. Pendidikannya sangat menyenangkan dan mendidik. Mungkin durasinya bisa berbeda untuk setiap periode PCPM. I don't know.

      3. Waah, sudah lewat ya. Semoga kita bisa bertemu di lain waktu dan kesempatan ya, Adi!

      Sukses untuk masa depannya!

      ----------------------------

      Hi Aganeka!
      Tentu bisa daftar. Kenapa tidak? Ini terbuka untuk semua orang yang memenuhi kualifikasi. Good luck!

      Delete
    4. selamat pagi, terimakasih sudah menjawab pertanyaan saya.
      kalo boleh nanya lagi,
      apakah masuk melalui jalur staff, apakah msh bsa mas mnjadi next leadernya bi? or kita harus ikut pcpm lg? trus, ketika kita masa pendidikan itu apakah dapat uang mas dan pendidikanya kaya gimana mas, apakah semacem kuliah gtu or pelatihan gtu mas? terimakasih mas

      iya mas syang sekali gak bsa ketemu, hehe

      Delete
  35. Selamat Malam Mas Ridwan,
    Mohon infonya mas, saat ini saya sedang mengikuti tes untuk masuk BI dengan posisi pelaksana yunior (staff), apakah ada kesempatan bagi saya untuk ikut tes PCPM?

    ReplyDelete
    Replies


    1. Hi Bayu!
      Silahkan ditanyakan ke pihak yang terkait yang mengetahui hal tersebut. Semoga berhasil untuk tes staff-nya. Saya sarankan kamu juga ikut PCPM in case tes staff-nya tidak lulus. Semoga berhasil, Bayu!

      Delete
  36. Selamat malam mas ridwan
    Saya sedang ikut tes PWKT BI
    Kira2 prospek kdpannya utk pwkt gimana ya mas ?
    Bisa gak kira2 jd pegawai tetap
    Mohon pencerahannya
    Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies



    1. Hi Hafiz,
      Saya kurang tahu tentang hal tersebut. Mungkin bisa ditanyakan pada bagian SDM. Mohon maaf, Hafidz. Semoga dimudahkan dalam segalanya.

      Delete
  37. Assalamualaikum Mas Ridwan, apakah yang ikut tes PCPM diharuskan lulusan PTN? Apakah boleh dari lulusan PTS?

    ReplyDelete
    Replies



    1. Hi Anonymous! Tentu dari PTS bisa. Jangan takut. Semoga berhasil ya! All the best!

      Delete
  38. Selamat malam Mas Ridwan,

    Jika Mas Ridwan berkenan, boleh kah di share ke kami apa job desc Departemen Komunikasi dan Departemen Strategic Management? saat ini lowongan PCPM XXXII sedang dibuka dan kebetulan 2 departemen tersebut membuka lowongan. Bagaimana prospek karir di departemen enabler seperti 2 departemen tersebut?

    Terimakasih sebelumnya ya Mas.

    Salam
    Raka

    ReplyDelete
    Replies



    1. Hi Raka!
      Departemen Komunikasi dan Departemen Stratgeic Management menurut saya sangat menarik. Mungkin anak-anak FIKOM/ILKOM/Komunikasi cocok dengan Dept. Komunikasi. Kalau kamu suka analisis, particularly kalau kamu suka/punya background di dunia consulting firm akan sangat membantu. Belajar strategic management must be exciting and foster your critical thinking. OIt must be awesome.

      Mungkin itu yang saya tahu.

      Dan berkarir di departemen enabler pun saya rasa sama saja. Tergantung kinerja kita bagaimana. Kalau baik kinerjanya, pasti karirnya juga akan baik. Saya pun masih belajar di sini. All the best ya!

      Delete
  39. selamat siang Akang Ridwan,
    saya baru saja lulus dari teknik ui. Kebetulan PCMI lagi buka lagi, dan bisa untuk lulusan fakultas teknik. Sy mau banyak nanya nih kang,
    1.pas saya mau daftar, dari awal kita udh disuruh menenentukan posisi yg akan kita lamar kang. Saya masih bingung, saya mau melamar di posisi mana kang? Karena semua posisi mengizinkan lulusan dari fakultas teknik kang. Apakah setiap posisi ada masing-masing kuota nya kang .
    2.saya dari jurusan teknik elektro, apakah sy sebaiknya melamar di bagian IT nya sj kang ?
    3.Lokasi ujian itu akan mempengaruhi kelulusan kah kang ? misalnya, dari jakarta sudah ditentukan sekian orang kuotanya . padahal kita tahu persaingan di jakarta/bandung sangat keras. Kebetulan sy orang daerah kang, apakah sy baiknya ujian di daerah saya ?
    4.yang terakhir, ada nilai minus gak kang krn sy lulusan teknik tapi melamar ke bank :(

    salam kenal kang, dulu 2012 saya jg lulus snmptn di Ilmu Ekonomi dan studi pembangunan Unpad Bandung, dan sudah daftar ulang dan tinggal kuliah sj tapi krn pengumuman simak ui sy dengan berat hati meninggalkan feb unpad hehe. nya mksh infonya kang..

    ReplyDelete
    Replies



    1. Wilujeng enjing Arief!
      1. Setiap posisi tentu sudah diperhitungkan berapa orang yang diperlukannya Arief.

      2. Saya rasa itu akan sangat bagus karena ilmu kamu akan sangat berguna dan akan sangat dipakai kalau apply di bagian IT. I do really encourage you to apply for that spot! :)

      3. Saya rasa yang menentukan itu adalah kemampuan kamu Arief. Bukan lokasi atau hal-hal lain. Kalau kamu cocok dengan spesifikasi pekerjaan yang dibutuhkan, you will get that spot. Stay optimistic.

      4. Hahaha. Saya kurang tahu tentang hal itu. Abdi kirang terang euy. Yang saya tahu para penyeleksi dari BI akan berusaha untuk terus objektif.

      Oh gitu ya? Haha. Tidak apa-apa. baik di UNPAD maupun UI yang penting kita bisa bermanfaat untuk lingkungan. Itu yang lebih penting, Rief. Semoga sukses ya. Wilujeng! :)

      Delete
  40. asslamulaikum,
    Hi kang ridwan,
    saya Yusril, adik kelas akang di unpad, manajemen 2010. btw, kalo untuk bidang karir, bagi lulusan manajemen cocok yang mana kang?
    selain itu kan ada enabler juga sebagai pendukung, nah kira2 itu seperti apa dengan bidang seperti moneter dll?
    hatur nuhun kang

    ReplyDelete
    Replies



    1. Wlkmslm Yusril.
      Oh ya? Gak ada fotonya jadi gak tahu euy. Banyak juga yang namanya Yusril yang saya kenal. Haha. However, untuk bidang karir, saya percaya kamu yang lebih tahu Yus. Di website sudah dijelaskan descriotion-nya, tinggal pilih mana yang sesuai dengan kita.

      Hmmm.... Memang tugas inti dari enabler adalah menjadi pendukung departemen-departemen core. Namun demikian, tugas enabler ini bagus dan tidak gampang juga. Perlu daya analisis yang bagus juga. So, di manapun itu, just do your best, Yusril! :)

      Delete
  41. Halo Ridwan. Saya anak administrasi bisnis 2008 universitas riau. Salam kenal :)
    Mau nanya, saya ada liat ada di balasan komentar kamu di atas, bahwa PCPM hanya utk kalangan pria ya?
    Cuma mau nanya itu sih. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies


    1. Hi Nurtania!
      PCPM untuk semuanya gender. Maksudnya pria di sana itu untuk kasir. Semoga membantu.

      Delete
  42. saya sangat sesalkan tes bhs inggris, seolah-olah klo tidk bisa bhs inggris tidak lulus. Padahal bhs Indonesia lebih baik. jika mengabdi pada negara, yg hrs diutamakan bhs Indonesia. klo jd pembicara di luar negeri pakai alat terjemahan. ingat Sumpah Pemuda. saya iri dengan orang prancis yang berbahasa prancis kemanapun mereka pergi.

    ReplyDelete
    Replies



    1. Hi Brandio!
      Terima kasih sudah sharing. Saya kagum dengan nasionalismenya kamu, Brandio. Namun demikian, tentu rasa nasionallisme tersebut tidak lantas membuat kita tertutup dan tertinggal dari bangsa lain. Kita sangat cinta bahasa Indonesia. Namun demikian, dengan belajar bahasa inggris kita bisa mengejar ketertinggalan dari bangsa-bangsa lain, bisa belajar banyak dari negara-negara lain.

      Semoga sukses ya, Brandio!

      Delete
  43. Salam kenal bang, sya ariqdewi,
    Bang, sya mau tanya ni, sya udh lulus s2 tp msh belum dpt ijazah s2 n tdk dpt surat keterangan lulus karna msh belum dpt acc bendel dr dosen, apakah ada saran buat sya bang utk mensiasati dftr PCPM? Apa sya pakai ijazah s1 atau bgmn? dg karirnya kedepan jg bagaimana kl dftr ijzah s1 sedangkan sya sdh punya ijazah s2 (diperkirakan ijazah s2 keluar november 2016)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ariq,
      Coba tanyakan ke panitia apakah masih bisa pakai Surat Keterangan Lulus.

      Lulusan S1 dan S2 kalau masuk PCPM sama hak dan kewajibannya, termasuk career pathnya.

      Delete
  44. Assalamualaikum Kak Ridwan..
    Mau tanya dong, Saya Sila lulusan Akuntansi. Kalau untuk mendaftar BI kualifikasi Akuntansi itu kan banyak, lebih baik memilih Enabler atau Departemen apa ya kak yang lebih tepat untuk lulusan akuntansi ?
    Terima kasih.
    Wassalamualaikum wr.wb ^^

    ReplyDelete
    Replies



    1. Saya rasa tergantung kamu pasnya di mana, Sila. Saya rasa kalau di enabler itu ada departemen audit, kamu bisa cocok di sana karena ilmu kamu bisa dimanfaatkan secara optimal di sana. Namun demikian, jika ditempatkan di departemen yang not-really accounting departemen, kamu bisa belajar hal-hal baru yang seru.

      Semoga berhasil dan dimudahkan ya, Sila!
      All the best for your steps forward!

      Delete
  45. Assalamu'alaikum mas ridwan.semoga dalam keadaan sehat. Mau nanya. Saya mengikuti PCPM 2016 ini dan alhamdulillah dinyatakan lolos tahap admin.
    Nah yg ingin saya tanyakan disin, saya berasal dr teknik mesin dan mengambil posisi ITSpesialis. Apa kah itu nyambung?
    Selain itu ditahap kedua ada tes pebankan dan jg ekonomi nya gitu. Selama kuliah saya gk pernah nyentuh hal yg seperti itu. Apa ada tips nya mas?

    ReplyDelete
  46. Assalamualaikum kak ridwan, saya ratna. Mau tanya untuk tes kedua yang seleksi potensi dasar kira2 yan diujikan seperti apa? InshaAllah hari minggu nanti saya tes di IBS kemang. Makasih ya kak

    ReplyDelete
  47. Halo Kak, Saya Atika.
    Untuk seleksi kemampuan dasar tesnya meliputi apa saja ya Kak?
    Mohon infonya, terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  48. Assalamualaikum mas ridwan, sy mau tanya untuk tahap 2 kebanksentralan dan eko terkini apakah akan ada matematika jg?? seperti apa ya mas gambaran umumnya. lalu ad tes bahasa inggris, apakah itu maksudnya toefl atau hanya tes bahasa inggris biasa seperti rekrutmen OJK yg lalu ? mohon maaf ya mas banyak tanya, hehe terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  49. Assalamualaikum mas ridwan, bisa kasih gambaran waktu wawancara dgn pihak BI? Misalnya apa wawancara sendiri2 atau grup? Sekalian tips2nya jg kalo boleh mas. Terima kasih.

    ReplyDelete
  50. Mas Ridwan, prestasi saya lebih pada bidang karya tulis, debat, dan paper. Apakah itu cukup menunjang? Dan kalai boleh tau mas Ridwan aktif di organisasi apa di UNPAD? Saya juga mhs Unpad adm. Bisnis

    ReplyDelete
  51. Haii kang ridwan.. saya panggil akang aja boleh yah.. orang sunda kan yah.. hehe..

    Kang ridwan klo boleh tau dulu aplly job family apa?terus sekarang penempatan di bagian apa?bisa sharing dong kang untuk job desc akang sekarang...

    Saya sebenernya agak pesimis kang sama tes potensi dasar kemaren, matematikanya lemah nih!wakakakakk!
    Pengalaman akang past tes dulu gimana?lancar bgt ya kayanyaa?hehehe...

    ReplyDelete
  52. saya vanny adik kelas akang di esp dan iseg. nice post kang. ketika banyak yg bilang kerja di BI itu pressure nya tinggi banget dan gak work life balance tapi akang menceritakan sebaliknya.
    mohon doanya yah kang biar jadi salah satu adik mentornya di pcpm 32.
    oh iya mau tanya dong kang, ada kemungkinan gak sih kita bisa keterima di bagian yg bukan kita pilih . misal ssk malah pindah ke enabler karena hasil wawancara psikolog nya nunjukin dia lebih kompeten di bidang lain drpd yg dipilih. nuhun kang

    ReplyDelete
  53. Hai mas rdwan, postingnnya bagus,
    Mau tnya dong..kalau sblm ttd kontrak qt dksh wkt ga untk baca kontrknya?kalo msl ada hal yg ga stju apa blh qt batal ttd kontrk?
    kalo di BI ada sstem pnalti ga sih kalo msal ada 1 hal yg bkin mst kluar?ijzah dtahan ga mas?
    Soalnya saya lg proses di bbrpa prushaan nih mas,
    Mksih bnyk ya..

    ReplyDelete
  54. kak nanya dong. Untuk tes kebanksentralannya apa experdnya ngasih tahu materi apa yg perlu kakak pelajari?

    ReplyDelete
  55. Salam kenal mas ridwan
    Terimakasih atas sharingnya jadi terinspirasi untuk masuk BI. usia sy baru 18th kira2 persiapan apa yg musti sy lakukan? Trus sharing lagi mas pengalamannya waktu persiapan buat pcpm. Trims

    ReplyDelete
  56. Salam kenal mas ridwan
    Terimakasih atas sharingnya jadi terinspirasi untuk masuk BI. usia sy baru 18th kira2 persiapan apa yg musti sy lakukan? Trus sharing lagi mas pengalamannya waktu persiapan buat pcpm. Trims

    ReplyDelete
  57. Gan, saya senang sekali dengan tulisan anda yang inspiratif, mau tanya saya sedang proses pcpm bi tapi saya juga sedang bekerja. Pertanyaannya apakah sehabis diterima pcpm (aminnnn) itu kita diberi waktu untuk resign dri tmpat sblmnya atau lgsg beberapa hari kemudian pendidikan? Mohon pencerahannya suhu ridwan

    ReplyDelete
  58. Gan, saya senang sekali dengan tulisan anda yang inspiratif, mau tanya saya sedang proses pcpm bi tapi saya juga sedang bekerja. Pertanyaannya apakah sehabis diterima pcpm (aminnnn) itu kita diberi waktu untuk resign dri tmpat sblmnya atau lgsg beberapa hari kemudian pendidikan? Mohon pencerahannya suhu ridwan

    ReplyDelete
  59. Hallo mas ridwan,
    Salam kenal
    Kebetulan saya akan mengikuti tes kesehatan dan psikiatri pcpm BI. Kira2 apa saja yg harus saya persiapkan? Mohon tips dan triknya. Hehehe
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  60. Selamat siang
    Maaf jika mengganggu kak Sobirin :)
    Saran kakak, jika ada gigi bolong/ompong (akibat dicabut) lebih baiknya dipasang gigi palsu untuk medchecknya? Terima kasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba nisa lnjut tes keshatan ya ? dapat tes dmna mb ?

      Delete
  61. Assalamu'alaikum Ka Ridwan
    thanks atas sharing nya semoga berkah
    btw mau tau ka, General Audit & Risk di BI itu jobdesc ny seperti apa aja ya ka? apakah lingkup kerjanya hanya internal BI saja? Terima kasih ka

    ReplyDelete
  62. Assalamualaikum bang ridwan.. boleh gak sharing lebih banyak tentang wawancara akhir,dan bagaimana persiapannya?makasih selumnya :)

    ReplyDelete
  63. Selamt pagi Mas Ridwan, saya Tyas, peserta PCPM BI tahun ini, saya ingin bertanya, seangkatan PCPM mas Ridwan dulu apakah ada yg dari jurusan Teknik Sipil?

    ReplyDelete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  65. Selamat pagi Mas Ridwan, perkenalkan saya Putra.
    Saya sangat ingin sekali bisa berkarir di BI, tapi sayang umur saya saat ini sudah 30 tahun.
    Apakah saya masih memiliki peluang mas? mengingat lowongan pegawai tetap di web BI maks. 27 tahun.
    Apakah ada lowongan pegawai tetap untuk pegawai entry level (saking minatnya saya kerja di BI) misalnya bagian administrasi dll, yang bisa saya ikuti di umur saya yang sudah 30 tahun.
    Terimakasih mas Ridwan atas responnya, maaf jika ada kata-kata saya yang salah..

    ReplyDelete
  66. Maaf mas, ada yang ketinggalan lagi satu.
    Untuk lowongan pegaai entry level seperti itu, apakah lowongannya di publish di web, atau cuma di lingkungan kantor yang membutuhkan saja?

    ReplyDelete
  67. Mas, bisa minta kontaknya? Email atau line mungkin? Saya pengen sekali mendaftar pcpm, tapi masi ada beberapa hal yang mau saya tanyakan.. Boleh? jujur sj sy skrg bekerja di perusahaan plat merah jg :D

    ReplyDelete
  68. Halo kak saya mau tanya buat tahun 2017 bakal buka pndaftaran pcpm lg ga ya?

    ReplyDelete
  69. assalamualaikum kak, saya ingin bertanya kak, jurusan saya ilmu ekonomi juga seperti kk, tp saya berbeda univ hehe, saya ingin tanya kak apakah konsentrasi dari jurusan ilmu ekonomi itu mempengaruhi ya kak? kebetulan di univ saya ada 3 konsentrasi, 1. ekonomi moneter, 2. ekonomi publik dan 3. ekonomi perencanaan, kalau ingin kerja di BI apa saya harus mengambil ekonomi moneter ya kak? dan kalau boleh tau kk dulu konsentrasi apa ya di jurusannya?

    ReplyDelete
  70. Halo, kak! Saya Hafidh dari Hubungan Internasional UGM. Mau tanya, apakah PCPM hanya dibatasi untuk fresh graduate saja seperti program MT di institusi swasta? Dan apakah kakak punya kolega di BI yang berasal dari jurusan kuliah saya? Terima kasih :))

    ReplyDelete
  71. Assalamualaikum mas ridwan,
    mohon infonya nih mas.. lowongan PKWT BI kan baru sj dibuka bulan ini, kebetulan umur saya skrg 27 tahun.. kalo untuk lanjut/test jadi pegawai tetapnya apakah ada batasan umur walaupun sudah pernah PKWT sebelumnya? krn kalo melihat lowongan2 sebelumnya untuk jadi pegawai tetap maksimal umur 27 tahun..

    ReplyDelete
  72. Ayooo Ikut PKWT 2017 di BI, Yang sudah berpengalaman umur di atas 30 ayooowwww Semangat semuanya....

    ReplyDelete

Ridwan Sobirin. Powered by Blogger.

- Copyright © Ridwan's Personal Light Thoughts -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -